Sabtu, 06 April 2013

Hukum membaca do’a qunut


Hukum membaca do’a qunut

Pertanyaan dari:
  “Fakhriri”

Subject:
  “Hukum membaca do’a qunut”

“assalamu’alaikum wr. wb. ya habibana
Bib, saya ingin bertanya tentang do’a qunut yang sering dibacakan di dalam sholat subuh.  saya melaksanakan sholat subuh di mesjid yang selalu membaca do’a qunut namun suatu hari imam lupa membaca do’a qunut hungga selesai, apa yang harus saya lakukan ? sujud sahwi atau tidak? Namun yang saya liat, para makmum melakukan sjud sahwi .apa hukumnya do’a qunut itu dan dalil tentang do’a qunut?
Mohon penjelasannya ya bib
Wassalamu’alaikum wr. wb.”




Wa'alaikumsalam Warohmatullohi Wabarokatuh

Semoga Allah Azza wa Jalla  memberikan keberkahan dan kesehatan yang mengikuti anda setiap hari

Wahai Saudaraku yang se-iman
Terimakasih kepada Fakhriri yang berpartisipasi untuk mengirim pertanyaan melalui email. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat

Mengenai Do'a Qunut 

Do'a Qunut hukumnya sunnah, boleh dilakukan dan tidak, jadi tidak masalah untuk tidak mengerjakan sujud sahwi. Di zaman sekarang, banyak orang awwam salah mengartikan tentang hal ini. Karena sudah menjadi kebiasaan, mereka menganggap bahwa Do'a Qunut ini hukumnya Fardu 'ain dimana memang wajib harus dilakukan. Hal seperti ini harus diluruskan yang sebenarnya Do'a Qunut bersifat sunnah, jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa dan tidak berpahala.

Dalil Do'a Qunut



فَاِنَّهُ اِنَّمَا سَأَلَ اَنَسًا عَنْ قُنُوْتِ اْلفَجْرِ فَأَجَابَهُ عَمَّا سَأَلَهُ عَنْهُ وَبِأَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وَسَلِّمْ كَانَ يُطِيْلُ صَلَاةِ اْلفَجْرِ دُوْنَ السَّائِرِ الصَّلَوَاتِ. قَالَ وَمَعْلُوْمٌ اِنَّهُ كَانَ يَدْعُوْ رَبَّهُ وَيُثَنَّى عَلَيْهِ وَيُمَجِّدُهُ فِى هَذَا اْلاِعْتِدَالِ. وَهَذَا قُنُوْتٌ مِنْهُ بِلَارَيْبٍ فَنَحْنُ لَانَشُكُّ وَلَا نَرْتَابُ اِنَّهُ لَمْ يَزَلْ يَقْنُتُ فِى اْلفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا. 



Ketika ditanya sahabat tentang qunut, Anas menjawab: Rasululoh (ketika qunut), ia memanjangka shalat fajar (Subuh) tidak seperti shalat lainnya. Panjang, karena ia membaca do’a, memuji Alloh, mengagungkan-Nya dalam I’tidal ini. Inilah yang dikatakan qunut, tidak diragukan lagi. Kita tidak perlu bimbang dan ragu lagi bahwa Nabi membaca qunut dalam shalat subuh sampai meninggal!.

Tentang Mengusap Wajah Setelah Do'a Qunut

Tidak ada satu hadits pun yang menyataakan untuk mengusap wajah setelah do'a qunut. walaupun ada, haditsnya bersifat dho'if dan tidak bisa dijadikan hujjah dan tidak boleh menjadi alasan untuk melakukannya

Apakah Hanya Sholat Subuh yang Memakai Do'a Qunut ?

Tidak hanya sholat shubuh saja yang memakai do'a qunut, sholat witir pada roka'at terakhir pun juga memakai qunut. dan jika terdapat suatu musibah / kecelakaan, para imam sholat juga bisa membaca do'a qunut setelah sholat fardu jika menyukainya

Demikian Wahai Saudara ku, semoga jawaban diatas dapat bermanfaat

dan Ingat, Jika ada yang bilang Do'a Qunut itu Bid'ah, Jangan percaya mereka. Mereka pembohong yang mendustakan agama

Selalu Jaga Sholat mu. Sesungguhnya amalan yang akan diperhitungkan pertama kali adalah sholat

Wallahu A'lam

Wassalamu'alaikum  Warohmatullohi Wabarokatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..:: Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya by http://www.koarhan.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya akan di update, Attention! thank you for visiting, do not forget to come back again and if you copy / paste please indicate the source by http://www.koarhan.blogspot.com and this blog will be updated every week::..