Selasa, 12 Juni 2012

Keutamaan salam


Keutamaan salam

Ternyata cara untuk menumbuhkan rasa cinta pada saudara seiman adalah sangat mudah, yaitu dengan menyebarkan salam. Tersebut dalam sebuah hadist : Dari Abu Hurairah Radhiallahu'anh., ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Kamu tidak akan masuk surga hingga kamu beriman, dan kamu tidak beriman hingga kamu saling mencintai (karena Allah). Apakah kamu mau jika aku tunjukkan pada satu perkara jika kamu kerjakan perkara itu maka kamu akan saling mencintai..? Sebarkanlah salam di antara kamu!” (HR. Muslim)

Abu Umammah Radhiallahu'anh meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: ”Orang yang lebih dekat kepada Allah Ta'ala adalah yang lebih dahulu memberi Salam.” (Musnad Ahmad, Abu Dawud, dan At Tirmidzi)

Adapun assalaamu ‘alaikum yang kita ucapkan, Syaikh Muhammad Sholih Utsaimin menerangkan, bahwa ia adalah doa agar terhindar dari semua malapetaka, oleh karena itu bila kita mengucapkan salam kepada seseorang berarti kita sedang mendoakannya agar Alloh menjaganya dari marabahaya baik dari penyakit jasmani, kegilaan, penyakit hati dan selamat dari siksa neraka.

Kita seringkali menerima sms atau inbox dari beberapa kawan yang mengawali salamnya dengan singkatan. Singkatannya pun macam-macam. 
Ada yang singkat seperti “Asw” atau “Aslm”. 
Ada yang sedikit lebih panjang seperti ; “Ass Wr Wb” atau “Aslmwrwb”.
Ada juga yang menyingkat dengan tulisan “Askum” asal comot kata paling awal dan akhir…
 Walaupun begitu yang paling umum digunakan adalah singkatan kata“Ass”. Ini adalah singkatan yang tidak enak untuk dibaca, terlebih kalau mengerti artinya.

Marilah kita simak singkatan ini. Dalam kamus, arti dari kata “Ass” yang berasal dari bahasa Inggris adalah sebagai berikut; “Ass” berarti:
keledai; orang yang bodoh; pant*t(bokong).

Padahal seperti kita ketahui ucapan “Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh” adalah sebuah ucapan salam sekaligus doa yang kita tujukan kepada orang lain. Maka, apabila kita mengucap salam dengan hanya menuliskan “Ass”, secara tidak sadar mungkin kita malah mendoakan hal yang buruk terhadap saudara kita.

Jangan sampai awalnya kita ingin menyampaikan doa keselamatan yang terjadi justeru sebaliknya, mendoakan keburukan. Kalau boleh saya mengistilahkah, niat baik ingin berdoa, jadinya malah ucapan kotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..:: Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya by http://www.koarhan.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya akan di update, Attention! thank you for visiting, do not forget to come back again and if you copy / paste please indicate the source by http://www.koarhan.blogspot.com and this blog will be updated every week::..