Minggu, 02 Desember 2012

Kasih Sayang Terhadap Makhluk

Kasih Sayang Terhadap Makhluk



عن عبدالله بن عمر رضى الله عنهما قال رسول الله صلى الله عليه سلم :
الراحمون يرحمهم الرحمن إرحموامن فى الأ رض ير حمكم من فى السماء 

artinya:
   diriwayatkan dari Abdullah bin 'Umar ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: "Orang-orang yang bersifat kasih sayang, mereka disayangi Tuhan Yang Maha Pemurah. Maka hendaklah kamu msemua menyayangi makhluk yang ada dibumi, niscaya makhluk dilangit menyayangi kamu."

Hikayat: Kasih Sayang Umar ra. Terhadap Burung 

Pada suatu hari, Umar bin Khottob ra. bepergian di kota Madinah. Tiba-tiba ia melihat anak kecil sedang menggenggam seekor burung pipit untuk bermain-main. Karena kasih sayang Umar ra. terhadap burung tadi, maka seketika burung itu dibeli oleh Umar dan dilepaskannya. Setelah Umar ra. wafat, mayoritas para sahabat bermimpi berjumpa dengan Umar ra. dan bertanya.

Sahabat  :  "Bagaimana Allah berbuat pada engkau ya amirul mukminin?"
Umar       : "Allah SWT. mengampuni aku dan membebaskan siksaanku."
Sahabat  :  "Apakah sebabnya? Apa karena kedermawananmu, keadilanmu dan  
                   kezuhudanmu?
Umar       : "Ketika para manusia meletakkan aku dalam kubur dan menimbun aku lalu 
                   mereka pulang, jadilah aku sendirian di dalam kubur. Maka datanglah 2 
                   malaikat masuk ke dalam kuburku. Akalku menjadi hilang dan anggota tubuhku 
                   gemetar ketakutan karena pribawa kedua malaikat itu. Keduanya lalu 
                   memegang tanganku dan mendudukanku untuk menanyaku.  Kebetulan aku 
                   mendengan suara Hatif (suara tanpa rupa): "Wahai kedua malaikat, 
                   tinggalkanlah seorang hamba-Ku ini ! Tidak usah engaku tanya dan tidak usah 
                   engkau takut ! Sebab Aku kasih sayang kepadanya dan Aku bebaskan siksaan 
                   baginya. Karena dia seorang yang kasih sayang kepada se ekor burung pipit     
                   sewaktu dunia. Maka di akhirat Aku kasaih sayang padanya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..:: Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya by http://www.koarhan.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya akan di update, Attention! thank you for visiting, do not forget to come back again and if you copy / paste please indicate the source by http://www.koarhan.blogspot.com and this blog will be updated every week::..