Minggu, 06 Mei 2012

Dajjal adalah tanda kiamat ke tiga


Dajjal adalah tanda kiamat ke tiga


tanda kiamat yang ketiga adalah munculnya dajjal. dalilnya riwayat muslim tentang tiga perkara yang telah dibahas pada pembahasan ke sembilan. memang hadis itu tidak secara sepesifik menyebutkan hal itu. tetapi indikasinya cukup jelas.

AWAL KEMUNCULAN DAJJAL MENEBAR FITNAH

dalam hadis fitnah sarra dikatakan bahwa akan terjad fitnah duhaima yang tidak membiarkan ada seorang dari umat ini [iraq] kecuali di hantamnya. jika dikatakan fitnah itu telah selesai justru semakin menjadi jadi.di dalamnya seorang pria pada pagi hari beriman, tetapi pada sore hari menjadi kafir, sehingga manusia terbagi menjadi dua kelompok. kelompok keimanan yang tidak mengandung kemunafikan, dan kelompok kemunafikan yang tidak mengandung keimanan. jika itu sudah yerjadi, maka tunggulah kedatangan dajal pada hari atau esoknya. maka dari hadis ini bisa disimpulkan, bahwa dajjal akan muncul dari iraq. dan hal ini di kuatkan pula oleh hadis berikut ini.

sulaiman bin syihab berkata: suatu ketika abdullah bin magnam datang ke rumah, kemudian ia menceritakan tentang nabi, bahwa beliau pernah bersabda; `tidak ada lagi kesamaran tentang dajjal. sesungguhnya ia akan muncul dari arah timur. kemudian ia menyeru atas namaku, sehingga ia di ikuti banyak orang. kemudian ia memerangi mereka dan dapat menguasai mereka, dan ia masih berbuat seperti itu hingga ia datang ke kufah. lalu dia menampakan agama Allah dan mengamalkanya sehingga di ikuti dan di senangi karena itu. kemudian dajjal setelah itu berkata: `sesungguhnya aku adalah nabi` dengan ucapan itu, maka takutlah orang orang yang masih memiliki hati dan akal yang lurus lalu meninggalkan dajjal. dajjal masih terus hidup sehingga ia mengatakan: `aku adalah Allah` karena itu matanya akhirnya tertutup, telingnya terpotong dan di antara kedua matanya tertulis kata `kafir`. HR Imam ath- thabrani. lihat kisah dajal dan turunya nabi isa untuk membunuhnya. pustaka imam syafi`i

hadis ini dengan jelas menyebutkan bahwa dajjal akan muncul di kufah dan ini wilayah iraq. dimana dalam hadis itu dikatakan bahwa dajjal muncul dari timur dan akan datang ke kufah. tetapi yang jelas dengan atau tanpa hadis ini, saya tetap berkesimpulan bahwa dajjal akan muncul dari iraq seperti yang saya jelaskan pada hadis fitnah sarra. mengenai awal kemunculan dajjal akan di bahas lebih jauh pada pembahasan kronologi perang isa dan dajjal.

FITNAH DAJJAL
dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh imam muslim dikatakan bahwa sejak di ciptakan nabi adam sampai hari kiamat tidak ada fitnah yang lebih besar dari fitnah dajjal. berikut ini hadis hadis nya.

satu hal yang pokok atau yang utama dari fitnah dajjal adalah dia akan mengaku bahwa dirinya adalah tuhan. untuk meralisasikan keinginanya itu dia akan memfitnah atau menguji manusia agar percaya bahwa dirinya tuhan. di antara fitnahnya itu dia akan menurunkan hujan seperti yang di jelaskan dalam hadis berikut ini.

...kemudian ia/dajjal mendatangi suatu kaum lalu menyeru mereka, akhirnya mereka beriman dan menyambut seruanya. ia menyuruh langit menurunkan hujan, dan seketika itu pula turun hujan, memerintah bumi agar menumbuhkan tumbuhan tumbuhan, maka ia pun menumbuhkan tumbuh tumbuhan. hewan hewan piaraan dan gembalanya menjadi lebih besar, air susunya lebih deras sehingga sangat mencukupi kebutuhan mereka, dan lebih melebar perutnya....shahih muslim. kisah dajal hal 75

seperti yang disebutkan dalam hadis tersebut, bahwa dajjal mampu menurunkan hujan seketika itu pula. hujan disini adalah hujan yang sesungguhnya dan kalimat selanjutnya menegaskan akan hal itu. memang ada hadis lain yang menjelaskan bahwa hujan tersebut hanyalah menurut pandangan mata saja. artinya itu hanya tipuan. tetapi hadis dhaif dan andai shahihpun itu tidak dapat di jadikan dalil. hal ini karena seperti yang di katakan para ulama, bahwa bila ada dua hadis shahih yang salah satunya dalam shahih muslim, maka shahih muslim yang harus di dahulukan. karena keakuratan dalam shahih muslim lebih terjamin dan shahih muslim adalah kitab hadis shahih ke dua setelah imam al bukhari.

jika dilihat dari konteks hadis, maka turunya hujan tersebut terjadi setelah manusia yang di fitnah/di uji mengakui dajjal sebagai tuhan. tetapi bisa saja dajjal menurunkan hujan sebelum manusia yang di fitnah itu mengakuinya sebagai tuhan, tentunya dengan di turunkanya hujan tersebut agar manusia mau mengakui bahwa dajjal adalah tuhan.

dari hudzaifah bin yaman ia berkata, Rosulullah bersabda: dajjal adalah makhkluk yang mata sebelah kirinya buta, berambut keriting, ia membawa surga dan neraka. hakikat neraka yang ada padanya adalah surga, sedangkan surganya adalah neraka. dalam versi lain ada tambahan: barangsiapa memasuki sungainya, maka pahala amalnya terhapus dan ia berdosa, sedangkan siapa yang memasuki nerakanya, ia berhak mendapat pahala dan dosanya terampuni. Syaikh al-Albani mengatakan; hadis ini diriwayatkan oleh Imam Muslim [VIII/195], Ibnu Majah [II/506], Ahmad [V/397], juga ada riwayat lain darinya [V/403] yang sanadnya hasan, dan ia di hukumi shahih oleh Imam al-Hakim [IV/433], dan itu di setujui pula oleh Imam adz-Dzahabi, di riwayatkan pula oleh Imam Abu Dawud [4244] yang di takrij dalam kítab al-Misykat [no. 5396/Tahqiq ke dua]. di kutip dari kisah dajjal hal 87

dalam hadis yang lain dikatakan, bahwa dajjal membawa sesuatu seperti surga dan neraka. dan dalam riwayat yang lain pula dikatakan, bahwa neraka dan surganya berwujud dua lembah. dalam shahih muslim dajjal juga memiliki dua sungai.

Rosulullah bersabda: sungguh aku lebih mengetahui apa yang menyertai dajjal. ia akan bersama dua sungai yang mengalir, yang satu kelihatan mengalirkan air dan satunya lagi kelihatan mengalirkan api yang menyala nyala, maka hendaklah ia/manusia mendatangi sungai yang kelihatan berisi api itu, dan hendaklah ia pejamkan matanya, karena yang nampak api itu adalah air yang dingin. shahih muslim (di kutip dari yaumul qiyamah hal 298)

begitu juga bila dihadapkan pada neraka dan surganya. bila memasuki surganya maka sesungguhnya memasuki nerakanya, dan bila memasuki nerakanya maka sesungguhnya memasuki surganya. maka dari itu jangan sampai tertipu. di antara fitnahnya pula, ia mampu menyembuhkan orang yang buta seperti hadis berikut ini.

...ia/dajjal mampu menyembuhkan orang yang buta dan yang sakit kulit [kusta] dan ia berkata: `aku adalah tuhan kalian.` barangsiapa berkata: 'tuhanku Allah', maka ia tidak akan terfitnah olehnya, sedangkan siapa yang berkata: 'engkau tuhanku'. sungguh ia telah terkena fitnahnya.... Syaikh al-Albani berkata; hadis ini di riwayatkan oleh imam ath~thabrani dalam kitabnya al~mu'jamul kabiir dan al~mu'jamul ausath. perawi perawinya termasuk terpercaya, meski ada sebagianya yang diperselisihkan namun tidak begitu berarti. ini sebagaimana yang ia ucapkan dalam kitab majma'uz zawaa-id (VII/336)

di antara fitnahnya adalah membuat orang orang menjadi kelaparan bagi yang tak mau mengakui dirinya tuhan.....kemudian ia/dajjal mendatangi suatu kaum lalu menyeru mereka. akan tetapi mereka menolak seruanya. kemudian dajjal meninggalkan mereka, maka tiba tiba harta benda kaum tersebut menjadi habis dan akhirnya mereka tidak memiliki sesuatupun. kemudian ia mendatangi tempat reruntuhan bangunan lalu berkata: 'keluarkanlah seluruh harta harta simpananmu!' maka harta harta simpanan tersebut keluar dan mengikuti dajjal sebagaimana lebah lebah mengikuti ratu ratunya...shahih muslim

di antara fitnahnya yang luar biasa adalah seperti hadis ini.....Al-Mughirah bin Syu`bah bertanya kepada Rosululah tentang dajjal seraya berkata bahwa sesungguhnya mereka mengatakan: dajjal membawa gunung roti dan daging serta sungai yang berisi air? Sahut Rosul: `dajal itu lebih hina dan sepele dari itu semua` mutafakun alaih

di antara fitnahnya yang paling besar adalah apa yang di sebutkan hadis ini.....ia/dajjal berkata kepada seorang arab badui: `bagaimana pendapatmu sekiranya aku hidupkan kembali untamu dalam keadaan susunya membesar lagi memanjang dan punuknya meninggi. Apakah kamu menyaksikan aku sebagai tuhamu? ia menjawab: `ya.` perawi berkat: 'kemudian muncullah syaitan menjelma sebagai untanya, lalu ia mengikuti dajjal. kemudian dajjal berkata kepada orang tersebut: `Bagaimana pendapatmu sekiranya aku hidupkan kembali bapakmu, saudara dan ibumu, apakah kamu bersaksi bahwa aku adalah tuhanmu? Ia kemudian menjawab: `Ya` Kemudian syaitan datang menjelma sebagai mereka [bapak, ibu, dan saudara orang badui tersebut]
Syaikh al-Albani berkata; hadis ini di riwayatkan oleh Abdul Razzaq dalam al-Mushannaf [XI/391/20821], ath-Thayalisi [II/217/2775], Ahmad [VI/453, 454 dan 455], Hanbal bin Ishaq asy-Syaibani dalam al-Fitan [Qaf XLV/1-2/1/46], Ibnu Asakir dalam at-Taarikh [1616-617], Abdullah dalam as-Sunnah [141], dan begitu pula Abu Amr ad-Dabi dalam al-Fitan [I/126] kisah dajjal hal 93-95

semua keanehan keanehan tersebut pahamilah apa adanya dan yakinilah apa apa yang rosulullah sabdakan. jangan ikuti mereka mereka yang menakwilkan, memalingkan makna atau apa pun yang mereka mereka katakan, yang intinya menolak hadis hadis tersebut. baik dengan cara memalingkan makna atau mengingkari isi hadis hadis tersebut. apapun yang mereka mereka katakan pada dasarnya karena mereka mereka menganggap apa yang di sebut dalam hadis hadis tersebut dan yang lainya yang semisal, di anggap tidak masuk akal. mereka mereka tidak sampai disitu saja, tetapi bahkan sampai menolak semua apa apa yang rosulullah sabdakan hanya karena tidak masuk akal, dan begitu pula terhadap ayat ayat al qur'an yang di anggap tidak masuk akal.

bahwasanya Allah telah berfirman bahwa tidaklah kami mengutus seorang rosul kecuali dengan bahasa kaumnya. seperti halnya rosulullah mengatakan bahwa dajjal memiliki gunung roti, sungai yang terlihat api dan air, surga dan neraka dan yang lainya. semuanya itu hakiki, nyata keberadaanya. kita tau gunung itu apa, dan gunung roti tentunya roti yang sangat banyak hingga dikatakan gunung roti. begitu pula sungai yang terlihat api yang menyala nyala. begitu pula tentang surga dan nerakanya. bagaimana persisnya, ya anda berharaplah, supaya berjumpa dengan dajjal.

mereka mereka menuduh orang orang yang berpegang teguh dengan tuduhan penyembah teks, jumud, kolot,ahli dzahir dan kata kata semisal. padahal mereka mereka sejatinya yang jelas jelas mendustakan apa apa yang rosulullah sabdakan hanya karena di anggap tidak masuk akal. padahal semua manusia berakal, lalu kenapa akal mereka mereka sebagai standar kebenaran. jika mereka mereka menganggap apa apa yang mereka mereka yakini mengenai hadis hadis seperti ini dan yang semisal adalah suatu kebenaran, maka sama saja mereka mereka menganggap bahwa para sahabat tidak memahami terhadap apa apa yang di katakan rosulallah yang di anggap tidak masuk akal, dan sama saja menganggap rosulullah tidak paham akan apa yang dikatakanya. lalu tiba tiba mereka mereka muncul dan mendakwakan kebenaran dan menyalahkan pemahaman para sahabat. jika anda orang yang berakal sehat, apakah pemahaman sahabat yang salah ataukah pemahaman mereka mereka?

sifat fisik dajjal

...ia/dajjal berkulit sawo matang, rambutnya keriting, mata sebelah kirinya tidak nampak, diatas matanya terdapat kulit selaput mata yang menebal,... sumber hadis nya sama dengan hadis yang mengabarkan dajjal mampu menyembuhkan orang yang buta

sesungguhnya dajjal itu mata sebelah kirinya buta, di atas matanya terdapat selaput kulit yang menebal dan di antara kedua matanya tertulis kata `Kafir`. syaikh al-Albani berkata: hadis riwayat Imam Ahmad [III/115 dan 201] dengan sanad shahih. Kisah dajjal hal 67

tidak seorang nabi pun melainkan telah memperingatkan kaumnya akan makhluk yang bermata buta sebelah lagi pendusta. ketahuilah, sesungguhnya ia buta sebelah matanya, sedangkan tuhan kalian tidak buta sebelah mata. di antara kedua matanya tertulis huruf ka, fa, ra [yang dapat dibaca oleh setiap muslim]. syaikh al-Albani berkata: hadis ini dikeluarkan oleh Imam Bukhari [XIII/85], Muslim [VIII/195], Abu Dawud [II/213], at-Tirmidzi [2246] dan sekaligus dihukumi shahih, Ahmad [III/173, 276, 290], Hanbal [LI/2], Ibnu kuzaimah dalam at-Tauhid [32] dan Ibnu Mandah [XCVII/1]. Adapun tambahanya milik Imam Muslim, Ahmad dan selain mereka. Kisah dajjal hal 70

ia akan berjalan jalan di muka bumi, sedangkan bumi dan langit adalah milik Allah. Ketahuilah sesungguhnya mata sebelah kanan al-masih ad-dajjal adalah seperti buah anggur yang terlihat mengapung. Syaikh al-Albani berkata: hadis ini dikeluarkan oleh Ibnu Kuzaimah [hal 32]. Isnadnya sesuai dengan persyaratan Muslim. Sementara al-Hatsami berkat [VII/301]: `hadis ini diriwayatkan oleh Imam ath-Thabrani. Para perawinya tsiqah, hanya saja guru Imam ath-Thabrani [Ahmad bin Muhammad bin Nafi at-Thahhan], saya belum mengenalnya`. Syaikh al-Albani berkata lagi: isnad Ibnu Kuzaimah terhindar dari kelemahan. oleh sebab itu, Imam al~Hafidz Ibnu Katsir berkata (I/138): Imam adz~Dzahabi berkata: isnadnya kuat. kisah dajjal hal 79

dari Ubadah bin Shamit, ia berkata bahwa Rosulullah bersabda: sesungguhnya, aku telah menjelaskan tentang dajjal kepada kalian hingga aku khawatir kalian tidak memahaminya. sesungguhnya al~masih ad~dajjal itu berpostur pendek, kakinya bengkok, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan tidak menonjol, jika hal itu samar bagi kalian, maka ketahuilah bahwa tuhan kalian tidak buta mata sebelahnya dan bahwa kalian tidak akan dapat melihat tuhan hingga kalian mati. syaikh al~Albani berkata: hadis ini diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud (II/213), al~Ajurri dalam buku asy~syari'ah (hal 375), Abu Nuaim dalam al~Hilyah (V/157, 221; IX/235) dan Ibnu Mandah dalam at~Tauhid (I/83) dan hadis ini baik dan para perawinya pun tsiqah. kisah dajjal hal 85

Kesimpulan

kesimpulan dari ciri ciri fisik dajjal adalah sebagai berikut. berkulit sawo matang, rambutnya keriting, mata sebelah kirinya tidak nampak dan diatasnya terdapat selaput kulit yang menebal, diantara kedua matanya tertera kata kafir ka fa dan ra, mata sebelah kananya buta dan terlihat menonjol seperti buah anggur, berpostur pendek dan bengkok kakinya.

ada hadis yang mengatakan mata sebelah kanan dajjal yang buta dan begitu pula sebaliknya. maka dalam hal ini yang dipegangi adalah hadis yang menyebutkan bahwa mata sebelah kanan dajjal yang buta. hal ini karena riwayat ini di riwayatkan oleh al bukhari, sedangkan yang menyebutkan mata sebelah kiri yang buta derajatnya hanya shahih isnadnya, seperti yang di katakan syaikh al albani. kisah dajjal hal 88

yang jelas bila kita bingung, maka yakinilah apa yang rosulullah sabdakan bahwasanya manusia tidak akan melihat tuhan kecuali setelah mati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..:: Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya by http://www.koarhan.blogspot.com dan blog ini setiap minggunya akan di update, Attention! thank you for visiting, do not forget to come back again and if you copy / paste please indicate the source by http://www.koarhan.blogspot.com and this blog will be updated every week::..